Cari Blog Ini


SEARCH

ABOUT

Foto saya
Jangan pernah takut untuk belajar sesuatu, karena ilmu pengetahuan adalah harta karun yang bisa kita bawa kemana pun tanpa membebani kita

Kendalikan Laptop dengan Android

Assalamualaikum wr.wb








Di pagi yang super sibuk ini sengaja gue sempetin buat nulis di blog ini. alasan gue ngepost sebenarnya karena blog ini makin rame sepi aja tiap harinya makanya gue mau nulis, nulis apa aja gue mau, selama positif dan bermanfaat buat orang lain :D



Oke, langsung aja kali ini gue mau ngebahas tentang "Cara Remote Laptop dengan Android via Wifi" ,jadi teman2 bisa nge-remote laptop atau pun komputer yang ada jaringan wifinya pake HP android sobat :D, 



khusus buat sobat yang mahasiswa gue #recommended bgt nih tutor, ikutin nyampe abis, apalagi kalo mahasiswa kan sering bgt tu presentasi d dpan PACAR teman2 atau dpan dosen, biasanya tuh kalo present kelompok kan ada salah satu dari tmn kelompok kita yang ditugasin buat ngontrol slide nya, kadang2 kita udah capek2 bilang "NEXT, NEXT" tp tmn kita yang ngontrol slide nya malah bengong aja gak denger -_-  tp sih itu dah biasa juga. mungkin dia lg galauin PACAR  nilai nya kali. nah kalo ada remote kan gampang, pas kita mau pindah slide yang tekan aja sendiri :D atau buat nakut2in tmn2 yg gaptek bisa juga, pasti dia mikirnya "Bapak lo dedy corbuzier ya?" kok mouse nya gerak2 ndiri, hohoho :D ya gitu deh manfaat nya dari tutor ini.


oke langsung aja gue mulai tutor nya ya.. pertama siapin dulu :

1. Komputer/Laptop yang ada Wifi nya
2. HP Android atau Tablet versi yang OS nya versi 2.3 atau lebih tinggi
3. Download file ini RemoteDroid
4. Di laptop sobat harus udah ada Java nya, install JDK atau JRE nya, langsung aja download di homepage resmi nya disini . JRE download yang buat windows, jangan lupa klik accept License agreement nya biar mau di download.


Kalo udah langsung aja ya.. pertama2 hidupin wifi hostspot tethering di smartphone android sobat, terus konekin ke laptop.


(Android yang gue pake, Smartfren Andromax C)

(Konekin ke Laptop, Spek laptop gue HP 430 Intel Core i3,Ram 2GB, Windosws 8.1)

Setelah Terkoneksi, Install File remotedroid.apk yang udah gue sediain di dalam file yang sobat dowload sblm nya. install di HP android sobat. terus jalanin maka akan muncul tampilan kaya gini :


Terus, Klik file RemoterDroidServer.jar yang juga gue sediain dalam file yang tadi udah didownload, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Kalau gak muncul berarti di Laptop sobat belum ada java runtime environtment nya(JRE) nya, ikuti langkah-langkah diawal tadi dengan benar. install JRE nya.

Terus, Lihat IP address yang di tampilkan pada jendela RemoteDroid Server, di laptop gue disitu kata nya "Your IP address is 192.168.43.2" maka masukkan IP tersebut pada Aplikasi RemoteDroid yang ada di HP android, terus klik Connect.



Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini, ini adalah mouse virtual :



Sekarang coba kendalikan Laptop sobat dari aplikasi ini, cara mengontrol nya sama seperti mouse yang ada di laptop, ada tombol klik kanan dan klik kiri nya. Berhasil sekarang kita udah bisa nge-remote Laptop dengan HP Android :) Selamat

NB : Kalo mouse nya gak mau gerak, coba mattin dulu antivirus (sprti : avast) atau firewall di laptop sobat, trus konek lagi, insya Allah Connect.

Udah dulu turorial buat hari ini, capek juga ngetik postingan ni :D sampai Jumpa postingan berikutnya.. jangan lupa komen yah sobat :)

Wassalam. wr.wb


16 comments:

  1. Keyen nih informasinyaaa.. thank you yaaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. macama, makasih kunjungan nyaa ^^

      Hapus
    2. Eh itu yang klik kanan kiri tu dimana ya

      Hapus
    3. dsitu kan ada 3 kotak di tampilan remote droid nya, nah yg dua kotak bawah tu yg sebelah kanan klik kanan yg kiri klik kiri, gitcyuu :D

      Hapus
  2. informasi yang sangat bermanfaat, tapi ga pake android -__-

    BalasHapus
  3. ini kalo gunainnya harus ttep idupin wifi nya ya? harus hidup paket ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaakk, gak harus hidup paket inet nya kok, kan judul nya aja "Cara Remote Laptop dengan Smartphone Android , Offline via Wifi" berarti ga harus hidup paket... by the way gimana? berhasil kah tutorial nya??

      Hapus
  4. ini donlot javanya yang mana ya ? btw ane windows 8 nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca point nmor 4 mas, disana sudah saya sertakan link java nya, tinggal download yang untuk windows, klau msh bingung tanya2 aja via twitter @rizki_naldi ..thanks kunjungannya :)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. gan, link remote droidnya kagak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. link nya sudah saya diperbaiki gan, cek lagi

      Hapus
    2. makasih gan. linknya udak aktif.
      tapi kok mouse nya ga bisa gerak.
      firewall n anvir udah mati gan.

      Hapus
    3. seharusnya bisa gan, mungkin ada langkah2 yg terlewat, coba krim screenshot nya gan, tanya2 lebih lanjut via emai saya : blog.naldi@gmail.com

      Hapus
  7. Catatan : Buat yang bingung cara Download Aplikasi nya

    Pas di halaman Solidfilesnya Pilih "Direct Download Link" dan jangan pilih Tulisan Download karena kita akan dialihkan ke halaman iklan

    BalasHapus